• INSTITUT DHARMA BHARATA GRUP
  • "The roots of education are bitter, but the fruit is sweet." – Aristotle.

Dorong Peningkatan Karir Taruna, Institut Dharma Bharata Kendari Gelar Kuliah Umum

Kendari, RadarKendari.id – Institut Dharma Bharata Group Kendari sangat peduli terhadap pengembangan karir tarunanya. Itu diwujudkan lewat kuliah umum dengan tema pengembangan karir perwira niaga yang digelar di Aula Kampus, Jumat (22/12/2023).

Rektor Institut Dharma Bharata Group Kendari Dwi Kartika Prananingrum menjelaskan, kegiatan ini diikuti mahasiswa (taruna/taruni) yang kuliah pada program studi DIII Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan.

“Kami berharap mahasiswa ini setelah lulus pendidikan di kampus ini bisa siap di dunia kerja, bahkan bisa punya usaha sendiri,” katanya, dilansir dari Media Online Sultra Top.

Ia menyebutkan bahwa, lulusan prodi tersebut sejauh ini terserap di lapangan kerja yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hanya saja, tidak semua bisa berperan dalam bidang administrasi pelayaran dan pelabuhan.

Kata dia, saat magang banyak mahasiswanya (taruna/taruni) langsung diterima untuk bekerja di tempat mereka magang. Sehingga mereka tidak berkenan lagi kembali ke kampus dan menyelesaikan studinya.

Menurutnya, hal ini menjadi gambaran bahwa lulusan dari kampus ini memang dibutuhkan di dunia kerja. Namun, tetap harus menyelesaikan studi lebih dulu.

“Ya kami sudah intervensi juga bahwa mereka harus selesai studi dan pihak penerima kegiatan magang melalui surat pernyataan,” ujarnya.

Pemateri kuliah umum Kapten Budi Bahtiar menjelaskan, saat ini mahasiswa kampus pelayaran niaga harus mampu mengembang kapasitas diri dan karir mereka.

Menurutnya, pengembangan karir ini terbuka lebar buat mereka mulai dari menjadi akademisi, praktisi, pengusaha bahkan berkarir dunia politik.

Artinya, dalam politik mereka bisa mengambil peran dengan terlibat dalam pengambilan kebijakan untuk memajukan sektor kelautan negara. Sehingga label Indonesia sebagai poros maritim dunia bisa terwujud.

“Iya kita dilabeli itu, tapi kenyataannya sekolah maritim, pelayaran ataupun kelautan kita masih butuh perhatian lebih dari pemerintah,” kata Budi Bahtiar.

Soft skill yang perlu di antaranya adalah kemampuan leadership dan keterampilan komunikasi. Tidak terlepas hard skill atau kemampuan fisik tetap diperhatikan.

“Tapi tentunya ini pilihan mahasiswa sendiri kampus hanya bisa memberikan pilihan dan harus didukung,” ujarnya.

Untuk diketahui, Institut Dharma Bharata Group Kendari banyak menerima mahasiswa Prodi DIII Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan dari wilaya kabupaten di Sultra mulai dari Buton Utara, Bombana dan beberapa kabupaten lainnya.

Setiap tahun ajaran baru kampus tersebut membuka kuota 60 kursi. Dan sejauh ini kuota kursi yang terisi hanya 20 hingga 25 kursi. (ham)

link terkait :

Jebolan Akademi Pelayaran Kendari Banyak diserap dunia kerja  

SultraTop.com

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Cara unggah foto pada sistem informasi akademik

Pastikan foto yang digunakan berformat JPG atau JPEG dan panjang lebarnya sama atau berbentuk bujursangkar, jika foto anda berbentuk persegi panjang misalnya berukuran 3x4 ubahlah menja

01/03/2024 10:01 - Oleh Administrator - Dilihat 478 kali
Pelatihan Pengisian Sister dan BKD dilingkup Institut Dharma Bharata Grup

Dalam rangka meningkatkan kinerja Dosen pada Institut Dharma Bharata Grup, Ibu Dwi Kartika Prananingrum, SE., ME., Ak., Ac. Selaku Rektor Institut Dharma Bharata Grup, pada hari Jumat t

26/01/2024 14:54 - Oleh Administrator - Dilihat 588 kali
Pertama Di Sultra, OJK Resmikan Pojok Baca Peduli Keuangan di Institut Dharma Bharata Kendari

Kendari, Sibernas.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) meresmikan pojok baca peduli keuangan di Kampus Institut Dharma Bharata (IDB) Grup Kendari guna meni

07/11/2022 20:55 - Oleh Administrator - Dilihat 235 kali
Dwi Kartika Prananingrum Jabat Rektor Pertama Institut Dharma Bharata Grup Kendari

Kendari, Sibernas.id – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi mengaluarkan SK dan izin Akademi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan Kendari serta Sekolah T

27/10/2022 22:55 - Oleh Administrator - Dilihat 282 kali
SK dan Izin Akademik Dikeluarkan, Yayasan Dharma Bharata Kendari Resmi Jadi Institut

Kendari – Akademi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan Kendari serta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Bharata Kendari secara resmi menjadi Institut Dharma Bharata (

27/10/2022 21:55 - Oleh Administrator - Dilihat 166 kali
AKPN dan STIE DB Kendari Dilebur jadi Institut Dharma Bharata, Ciptakan SDM Unggul

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan (AKPN) Kendari dan Sekolah Tinggi

27/10/2022 20:55 - Oleh Administrator - Dilihat 201 kali